Monday, December 03, 2012

Kata Pengantar





Tulisan ini diawali dengan perasaan penyesalan bahwa kehidupan orangtua kami di masa tua mereka tidak se “indah” ketika mereka sedang dalam masa produktif. Kehidupan di usia senja yang dipenuhi dengan tantangan dan permasalahan ini tidak hanya membenani orangtua kami tetapi juga menjadi pemikiran dan pekerjaan rumah dari saya dan adik-adik. Pada saat tulisan ini mulai disusun tujuh tahun sudah berlalu dimana permasalahan demi permasalahan mendera keluarga dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan selesai. Kondisi ini tidak baik untuk keseimbangan psikis keluarga sehingga sayang jika hal ini juga dialami oleh pembaca yang belum menghadapi masalah yang sama dan mudah-mudahan tidak akan mengalami hal ini.



Melihat ke belakang, memang benar pepatah lama bahwa kesehatan adalah segalanya. Dengan harta yang menumpuk pun orang akan menderita jika penyakit sudah dialami bertahun-tahun dan tidak bisa disembuhkan. Bukan karena tidak ada usaha tetapi memang secara medis penyakit tersebut hanya bisa dihambat perkembangannya dan tidak dihentikan. Biaya pengobatan yang besar, penyakit yang menganggu kemampuan komunikasi, keterbatasan uang dan kemampuan semuanya berakibat kepada kekerabatan antar anggota keluarga yang bisa semakin renggang jika tidak dipimpin oleh seorang figur yang kuat.



Tidak ada maksud untuk memproklamirkan diri bahwa jalan keluar yang dituliskan akan dapat membawa anda sidang pembaca keluar dari masalah ini. Satu-satunya maksud adalah untuk meminimalisasikan dampak yang timbul khususnya dari segi perencanaan keuangan dan kesehatan fisik dan mental orangtua kita yang sangat kita sayangi



Terima kasih

No comments: